Apakah saya sudah melakukan hal yang benar dalam berbisnis?

Evaluasi terhadap 4 bulan yang penuh pertualangan.

Sudah lama rasanya saya belum menulis sesuatu di Medium, terakhir kali menulis bentuk dukungan terhadap tulisan yang mengagumkan masih bentuk hati berbentu love.

Namun sekarang sudah berganti tepuk tangan.

Jadi tujuan saya kali ini menulis tulisan ini adalah untuk evaluasi terhadap apa yang telah saya lakukan dalam 4 Bulan terakhir sejak saya lulus SMK di tahun ini.

Singkat cerita, setelah lulus SMK. Sebenernya saya ingin melanjutkan studi di Singapore tepatnya di NUS untuk jurusan Business Analyst.

Persyaratan sudah saya kumpulkan.

Namun itu berubah di detik-detik terakhir saat hendak melakukan pendaftaran. Saya merasa ada hal yang lebih saya ingin lakukan daripada belajar di suatu ruangan dengan dosen dalam wadah suatu kampus.

Iya, setelah lulus beberapa opsi yang dapat saya lakukan adalah:

  1. Melanjutkan kuliah di Kampus 4 Tahun.
  2. Belajar di Community College
  3. Fokus membangun bisnis
  4. Belajar dulu di perusahaan orang lain (Kerja sebagai karyawan)
  5. Magang (Untuk belajar dari mentor dan memperluas relasi)

Dari kelima opsi diatas, tujuan besarnya sama yaitu untuk belajar.

Nomor 2 sudah saya lakukan. Saya belajar di TEST English School di Pare, Kediri.

TEST English School adalah Sebuah Community College yang fokus meningkatkan keterampilan bahasa inggris dan soft skill. Itu saya lakukan di bulan Juli selama 1 Bulan.

test english school

Langkah selanjutnya yang saya pilih adalah memberanikan diri untuk fokus melakukan nomor 3.

Coba scroll dulu keatas, kalau lupa nomor 3 itu apa.

Karena hal inilah artikel ini saya tulis.

Impian saya adalah bagaimana pemuda khususnya Pemuda Pemudi Indonesia mampu bermimpi lebih dan melakukan hal lebih.

Kemudian saya berfikir sebuah wadah dimana kita anak muda mampu menjual jasa kita ke orang lain.

Kemudian terbentuklah Halo Pahlawan.

Lebih sederhananya Halo Pahlawan adalah Jasa Pembuatan Website dan Digital Marketing. Kita membantu pemimpin dalam bisnis mengatasi masalahnya dalam hal pertumbuhan bisnis di dunia online.

Seingat saya, saya menamakan Halo Pahlawan ini sejak Agustus atau September, namun saya lupa tanggal khususnya.

Klien

Allhamdulillah kita berhasil dipercaya oleh 2 Klien pertama.

Ini terjadi di Bulan Oktober. Klien pertama adalah perusahaan konveksi di Surabaya. Mereka memberdayakan penjahit lokal dengan menjadi wadahnya. Waktu itu pemiliknya merasa website saat ini terlalu tua dan kurang mampu menjelaskan dengan baik.

Dari situlah bertemu dengan saya, dan memperyakan tim kita untuk men desain ulang Website nya.

Website beralamatkan di canvasgarment.com

Klien kedua adalah TEST English School. Iya, Community College tempat dimana saya belajar bahasa inggris dan kemampuan soft skill seperti komunikasi, kepemimpinan dll.

Singkat cerita, Deputy of PR nya menghubungi saya karena dia membutuhkan sebuah desain power point untuk mempromosikan Gap Year dan Study in China.

Gap Year istilah dimana setelah kita lulus dari High School kita tidak melanjutkan ke kampus langsung. Namun kita melakukan hal lain yang bertujuan untuk mengasah kemampuan soft skill kita. Hal lain tersebut bisa berupa Belajar bahasaMenjadi suka relawanWajib Militer, dll.

Di luar negeri sudah populer. Di Indonesia belum. Beberapa tokoh sukses yang melakukan Gap Year seperti Emma WatsonJK RowlingSteve JobsPangeran William dan Pangeran Harry, and putri Obama, Malia Obama.

Selanjutnya adalah mendesain untuk power point nya itu.

test english ppt

Kemarin waktu saya tanya gimana sosialisasinya Gap Year nya, Allahamdulillah dia sangat berterima kasih karena terbantu dan sukadengan PPT yang saya desain.

Oh iya untuk tim

Kami berdua. Saya dan teman saya Moch Fachrudin. Dia sekarang berada di Kampus Unesa jurusan Sistem Informasi untuk semester awal.

Karena kita sepantaran. Namun saya memutuskan untuk menunda belajar di Kampus.

Saya full-time dan dia part-time.

Disamping itu saya juga kontak beberapa freenlancer yang siap membantu kita kalau ada project yang lebih. Ada 3 Freelancer masing-masing dibidang WordPress DeveloperAndroid Developer, dan SEO Strategist.

Setelah melakukan itu semua selama 4 Bulan

Banyak pelajaran berharga yang pelajari dan pengalaman luar biasa yang saya alami. Namun ada 2 catatan yang saya beri stabilo ketika memulai bisnis.

  1. Saya sangat membutuhkan mentor yang siap menunjukan jalan ke saya. Mentor yang udah melakukan hal ingin kita lakukan dan berhasil.
  2. Saya membutuhkan full-time tim tambahan yang dapat saya curhati di setiap kondisi perusahaan. Kerena posisi partner saya yang sebagai mahasiswa jadi kurangnya waktu bersama.

Jadi apa hal yang selanjutnya saya lakukan

2 Gambaran besar yang dapat saya lakukan adalah

1. Melanjutkan bisnis ini dengan mengevaluasi nya dan fokus terhadap hal-hal yang menimbulkan perputaran uang yang cepat di bulan berikutnya. Sehingga cash flow jadi positif.

2. Belajar di perusahaan dengan bekerja untuk beberapa bulan dimana nantinya saya akan belajar sebanyak-banyaknya ilmu dan membangun relasi yang pada akhirnya saya terapkan di bisnis yang bangun.

 

Catatan kemarin saya baru saja apply di Djavaweb. Sebagai UI/UX Designer.

Kalau keterima Allhamdulillah. Kalau belum, menurut Allah Djavaweb bukan tempat yang tepat untuk saya belajar dan ada tempat yang lebih baik yang Allah siapkan untuk saya.

Setelah hampir 900 Kata saya menulis artikel ini. Semoga dengan menuliskannya evaluasi ini ada multiple manfaat yang didapatkan. Baik dari saya, maupun buat anda yang kecelakaan membaca tulisan ini.

By Iosi Pratama

Hi, I'm Iosi. I do design digital products. Other than that, I'd love doing photography. writing, and doing sports. Let's be my friend. Grab me on Twitter @iosipratama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *