Hore, akhirnya beli saham perusahaan luar untuk pertama kalinya

Kemarin, 7 April 2021 menjadi hari yang bersejarah bagiku karena untuk pertama kalinya saya mencoba berinvestasi di perusahaan luar negeri.

Seneng banget rasanya. Wkwk, lebay yaa.

Iya saya membeli saham perusahaan Amerika. Hal yang saya ingin lakukan di tahun ini ternyata terealisasi lebih cepat daripada yang saya perkirakan.

Sebelumnya saya berencana untuk mencoba membeli saham perusahaan luardi akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022 dikarenakan jumlah investasi minimal yang cukup besar.

Disamping itu saya juga ingin fokus di perusahaan Indonesia sebagai pilihan investasi saham hingga nilai investasi menyentuh nilai tertentu.

Untuk platform investasi saya telah mendaftar di Etoro. Proses pengisian dokumen sudah dilakukan semua hingga sudah di approved dan bisa langsung deposit untuk mulai berinvestasi.

Tapi di Etoro ada minimal $50 untuk pertama kali deposit. Uang segitu untuk saat ini masih prefer untuk investasikan ke saham Indonesia.

Hingga beberapa minggu lalu teman saya di twitter tweet sebuah aplikasi investasi yg dia coba dengan desain yang simple serta mudah digunakan.

Namanya Gotrade. Sebelumnya aku udah tahu sih karena Felix Lee, inisiator dari platform mentoring desainer memimpin dalam mendesain aplikasi tersebut.

Saya tahu dari Bio Linkedin nya.

Oke, fast forward saya tertarik mencoba Gotrade. Saya daftarlah pada waktu itu.

Tapi sayang Gotrade masih belum terbuka untuk pengguna umum melainkan menggunakan sistem undangan sehingga saya pun waiting list dulu.

Setelah beberapa minggu kemudian tepatnya kemarin saya mendapat email bahwa aku dapat invitation dan bisa digunakan untuk melanjutkan mendaftar di Gotrade.

Dapat undangan dari email

Seketika itu juga saya langsung mendaftar. Mengisi data diri, foto ktp, selfie, dan selesai. Nunggu di approve.

Proses pendaftaran cukup mudah.

Sambil menunggu disetujui kita sudah bisa mulai berinvestasi. Nah disini saya top up $10 dengan menggunakan Jenius E-Card. Proses cukup instan.

Hore, akun disetujui

Dengan total bonus $5 dari Gotrade saat mendaftar. Total cash yg bisa saya investasikan $15.

Oh iya Gotrade ini punya sistem yg namnya Fractional Shares. Mudahnya kita bisa investasi ke perusahaan berdasarkan jumlah dollar yg kita punya. Ngga ada minimum investasi seperti di perusahaan Indonesia yg minimal 1 lot yg berarti 100 lembar saham.

Ini memudahkan karena saham2 luar terbilang sudah cukup mahal untuk dibeli. Jadi nanti saham kita beli 0 koma sekian persen saham jadinya.

Baik, lanjut. Disini saya udah bisa berinvestasi di perusahaan luar yang terkenal seperti Tesla, Facebook, Google, Microsoft, Apple, Netflix, Alibaba, dll.

Namun saya tidak berinvestasi di satupun perusahaan diatas.

Lalu dimana dong? Pengen tahu? Oke aku lanjut tulisan ini.

Pada akhirnya aku beli Square dengan kode saham SQ. Aku beli saham ini karena Square punya Cash App. Sebuah aplikasi semacam mobile banking modern dimana user bisa transfer dan investasi.

Apa spesialnya dong? Spesial buatku karena desain aplikasi dan websitenya keren banget. Saya percaya good desain is good bisnis.

Disamping itu user sudah bisa investasi crypto. Jadi keren bett lah.

Aku invest di Square $15.

Square perusahaan luar pertama yg aku beli sahamnya

Oh iya kalo di aplikasi investasi saham Indonesia seperti Stockbit, Bibit, Ipot kita baru bisa beli di jam perdangan bursa yakni jam 9-3 sore. Selain itu bakal ditolak.

Di platform Gotrade kita bisa beli kapan aja. Saat bursa US dibuka, maka otomatis akan dieksekusi pembelian saham kita.

Aku rasa sekian dari tulisan ini. Intinya excited banget akhirnya bisa investasi diperusahaan luar atau US yg aku suka.

By Iosi Pratama

Hi, I'm Iosi. I do design digital products. Other than that, I'd love doing photography. writing, and doing sports. Let's be my friend. Grab me on Twitter @iosipratama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *