Co-working Space Seharusnya lebih banyak di Surabaya

Coworking adalah tempat yang harus diperbanyak lagi di Surabaya jika berharap kota ini menjadi kota dimana anak mudanya mau lebih banyak berkarya.

Terkadang motivasi dan emosi berhubungan erat dengan lingkungan. Contoh sederhananya ketika dirumah, orang yang biasa produktif pun akan mengalami rasa kemalasan.

Begitupun sebaliknya, orang yang terbiasa malas pun, tiba-tiba melakukan hal yg produktif ketika berada di lingkungan yg kebanyakan melakukan hal yg produktif.

Bangunlah insfrastruktur, maka inovasi akan lahir

Kata-kata diatas keluar dari pendiri salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia yaitu Bill Gates, pendiri Microsoft.

Dan saya yakin orang seperti Bill Gates punya alasan dan keyakinan tersendiri kenapa bilang begitu.

Saat ini khususnya penggiat startup di Indonesia bahkan di kebanyakan di dunia. Ketika mengatakan kiblatnya inovasi.

Mereka akan berfikir tentangĀ Sillicon Valley.

Dan memang boleh diterima bahwa banyak sekali perusahaan teknologi dengan inovasi gilanya yang muncul di kota yang satu ini.

Sillicon Valley, Singapore, dan Surabaya adalah kota yang tidak berbeda jauh. Punya nasib yang hampir sama ketika dilihat dari minimnya sumber daya alam. Sama-sama kota industri.

Namun kenapa yang satu bisa begitu mentereng?

Salah satu alasan mayoritas nya menurut saya adalah karena berhasilnya mereka membangun insfrastruktur dan lingkungan yang kondusif. Saling bersaing di pasar global dan saling mendukung di lokal.

Saat menulis tulisan ini saya berada di Koridor Coworking Space. Salah satu coworking space favorite di Surabaya.

By Iosi Pratama

Hi, I'm Iosi. I do design digital products. Other than that, I'd love doing photography. writing, and doing sports. Let's be my friend. Grab me on Twitter @iosipratama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *