Review Tahun 2020

Tahun 2020 menjadi salah satu tahun yang istimewa bagi saya terutama karena saya banyak sekali belajar hal-hal baru yang belum pernah saya lakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Ditulisan kali ini saya ingin mencoba mereview bagaimana jalannya tahun 2020 saya mulai dari yang berhungan dengan keterampilan, pekerjaan, keuangan, kesehatan, hingga hubungan.

Dengan harapan suatu saat nanti saya bisa kembali ke tulisan ini dan melihat sejauh apa perkembangan yang saya miliki.

Baiklah, mari saya mulai


Seputar Keterampilan dan Kepribadian

Apa yang berjalan dengan baik

  • Saya mendapatkan banyak pelajaran selama bekerja di Bali. Bagaimana saya beradaptasi disini dengan lingkungan yang cukup berbeda dibandingkan dengan Surabaya, tinggal bersama bule, dan tempat-tempat yang telah saya kunjungi. Itu semua memberikan banyak sekali perspektif yang baru bagi saya.
  • Saya belajar bahasa Inggris cukup rutin sehingga I can speak with foreigners in a better way. Sangat berbeda dibandingkan saat pertama kali mendarat di Bali.

Apa yang berjalan kurang baik

  • 6 Bulan pertama di tahun lalu saya rutin membaca buku. Namun setelahnya saya tidak membaca lagi.
  • Saya mengambil 2 kelas online yaitu tentang Human Centred Design dair IDEO.ORG dan Photography dair NatGeo. Tapi nggak fokus sehingga ilmu yang kurang maksimal. Untuk yg kelas photography bahkan saya tidak menyelesaikannya.
  • Belajar bebarapa skill baru namun berhenti ditengah jalan. Contohnya belajar ilustrasi dan icon.
  • Sering iri dengan prestasi teman-teman.
  • Belum percaya diri ketika orang yang meminta saya untuk sharing seputar desain di suatu acara.
  • Banyak memulai sesuatu, tapi nggak melanjutkannya sampai beneran selesai.
  • Mencoba melakukan banyak hal dalam satu bulan sehingga ngga fokus .
  • Sering menunda. Bahkan saat tahu pekerjaan itu penting buat diriku.

Seputar Pekerjaan dan Side-Hustles

Apa yang berjalan dengan baik

  • Semua proyek yang aku handle di kantor Allhamdulillah berjalan lancar.
  • Untuk freelance proyek: Classi dan Aksestani berjalan lancar juga.
  • Saya memiliki beberapa proyek sampingan. Salah satunya tentang photography. Saya serta submit beberapa foto di beberapa situs microstock seperti Shutterstock, iStock, dll
  • Saya menulis lagi di medium setelah sekian lama berhenti.
  • Saya mulai menulis buku. Satu tentang investasi. Satu tentang typography. Masih dalam proses.

Apa yang berjalan kurang baik

  • Saya belum maksimal dalam menumbuhkan bisnis sampingan saya bersama teman.
  • Saya mengabaikan klien dalam waktu yang lama saat mengerjakan proyek Eurostore. Klien dari Latvia. Pada akhirnya saya mundur dari proyek tersebut.
  • Saya belum update potfolio website. Padahal sudah jadi tujuan sejak pertengahan tahun.
  • Saya berhenti menulis. Ini menyedihkan karena saya terus menunda dan takut hasil tulisan saya jelek.
  • Sering bosan di kantor.
  • Banyak melakukan hal yg kurang produktif.

Seputar Keuangan

Apa yang berjalan baik

  • Saya mulai berinvestasi di Saham pada bulan Juli 2020 lalu. Setelah sekian lama belajar dari banyak sumber, akhirnya saya masuk juga di instrumen investasi yang satu ini.
  • Saya menambah beberapa portfolio investasi seperti emas batangan, reksadana, nabung di euro, dll untuk berbagai tujuan di masa depan seperti nikah, punya rumah, dll.
  • Saya minta naik gaji di kantor dan Allhamdulillah dikasih.
  • Saya sewa rumah 2 tahun untuk kantor sebenarnya di Surabaya, namun sekarang ditinggali orang tua saya. Karena saya kerja di Bali.
  • Mulai serius naruh di uang darurat juga.

Apa yang berjalan kurang baik

  • Saya sering menghabiskan uang bulanan melebihi yang sudah direncanakan sebelumnya.
  • Saya masih punya hutang terhadap diri sendiri. Khususnya ke bisnis. Ini terjadi karena saya mengeluarkan uang untuk kebutuhan pribadi atau senang-senang sedangkan budget kebutuhan pribadi sudah habis.
  • Saya tidak punya budget untuk uang darurat bulanan. Sehingga saat ada situasi tak terduga terjadi, otomatis mengambil uang dari budget yang lain.

Seputar Hidup sehat dan Gaya hidup

Apa yang berjalan dengan baik.

  • Saya pergi gym hampir rutin dalam setahun kemarin. Kecuali pas ramadhan aja. Sekarang yg awalnya aku selalu kurus sebelumnya saat di cek, menjadi standard atau ideal. Allhamdulillah seneng banget.
  • Melakukan olahraga yg lain bareng teman2 baru di Bali.
  • Mulai menambah budget untuk perawatan pria. Kalo sebelumnya bodo amat tentang hal ini. Sejak di Bali dan berkawan dengan teman-teman yg juga peduli kesehatan dan penampilan, jadinya saya kebawa ikutan juga.

Apa yang berjalan kurang baik

  • Sering tidur malam. Begadang. Tapi bukan mengerjakan hal penting malah youtube an.
  • Jadwal sarapan, makan siang, dan makan malam masih sering amburadul atau kacau.

Seputar percintaan

Apa yang berjalan baik

  • Saya sudah mendefinisikan dengan jalas pasangan seperti apa yang saya butuhkan nantinya. Sehingga nanti bisa fokus pada hal tersebut. Yang jelas yang bisa nyambung saat diajak ngomong.
  • Mulai menyiapkan keuangan khusus menikah. Saya taruh ini di Bibit dengan portfolio khusus. Pengennya sih pas umur 25 nanti.

Apa yang berjalan kurang baik

  • Umm apa yaa. Nggak sih, ngga tau mau nulis apa.

Baiklah, sepertinya cukup untuk review 2020 saya. Saya bersemangat untuk menyambut tahun ini dan apa saja yang akan saya tulis nantinya di review 2021.

By Iosi Pratama

Hi, I'm Iosi. I do design digital products. Other than that, I'd love doing photography. writing, and doing sports. Let's be my friend. Grab me on Twitter @iosipratama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *