Mencoba konsep staycation di Ubud, Bali

Berbeda dengan konsep vacation dimana kita akan menikmati waktu diluar rumah seperti pantai, gunung, ataupun tempat wisata lainnya.

Staycation adalah konsep dimana kita menikmati liburan dengan stay di suatu tempat. Namun tempat nya ini bukan rumah ataupun kos kita melainkan tempat berbeda.

Saat tulisan ini tulis, saya sedang berada di Ubud Tropical, Bali. Sejenis penginapan yang menurut saya unik karena konsepnya yang dekat dengan alam dan pohon-pohon tinggi.

Staycation menurut saya pas untuk sejenak merefresh pikiran kita terutama dari rutinitas yang telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir.

Saat saya merasa lelah dengan pekerjaan kantor, lunturnya semangat dan motivasi yang bukan disebabkan karena tidak suka sama yang saya kerjakan namun lebih karena kelelahan.

Disitulah saya merasa butuh berhenti sejenak untuk memikirkan ulang. Nah untuk melakukannya saya butuh suatu lingkungan berbeda dari kos saya biasanya.

Ibarat otak adalah prosesor laptop kita. Apa jadinya kalau laptop tersebut tidak pernah kita shutdown? Kita pakai terus menerus selama beberapa bulan? Kalau pun berhenti hanya di sleep atau lockscreen?

Di kondisi sleep ataupun lockscreen prosesor dari laptop kita tidak sepenuhnya berhenti berjalan, namun dalam kondisi setengah terjaga. Jadi saat kita buka laptop lagi secara langsung laptop akan kembali menampilkan layar terakhir.

Lama-lama kelamaan kita akan menemukan bahwa laptop kita mengalami lag atau performa yang tidak mulus.

Nah sama dengan otak kita. Bekerja secara terus menerus juga membuat otak kita membentuk momentum bekerja nonstop. Namun lama kelamaan akan capek juga yang menyebabkan lunturnya motivasi.

Dan disinilah kita butuh berhenti sejenak untuk mengalihkan fokus kepada hal lain.

Sehingga kita bisa lanjut lagi kepekerjaan dengan kondisi yang lebih segar di kemudian hari.

Untuk berhenti sejenak kali ini saya melakukan staycation. Minta cuti ke pimpinan kantor, lalu menyewa penginapan di Ubud, Bali untuk beberapa hari dan menikmati hari-hari disini.

Selain untuk refreshing. Staycation kali ini saya khususkan untuk evaluasi diri selama setahun terakhir terutama saat berada di Bali.

Tentang apa-apa yang sudah saya lakukan, apa hal buruk yang masih saya lakukan sejauh ini, apa yang sudah dimulai namun diterlantarkan begitu, hingga apa yang akan menjadi fokus selanjutnya.

Semoga staycation kali ini memberikan pengalaman yang berbeda bagi saya.

By Iosi Pratama

Hi, I'm Iosi. I do design digital products. Other than that, I'd love doing photography. writing, and doing sports. Let's be my friend. Grab me on Twitter @iosipratama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *